Senin, 21 September 2015

Rangkuman Metode Penelitian 2

Standard
Permasalahan Apa Saja yang Dihadapi dalam Bidang Pendidikan Matematika (lanjutan) :

Rangkuman kali ini merupakan rangkuman hasil bahasan materi minggu lalu beserta perbaikannya :
1. Guru
  • Kurikulum yang diatur oleh pemerintah membuat guru kaku dalam mengajar
  • Kepribadian/kompetensi guru yang kurang memadai menyebabkan kurangnya  kinerja guru
  • Permasalahan ekonomi yang mengharuskan guru bekerja bukan karena panggilan nurani menyebabkan guru tidak mampu menyiapkan diri untuk mengajar dengan baik
  • Kurang bervariasi dalam menyiapkan metode pembelajaran
  • Kurangnya motivasi dalam diri guru
  • Kurangnya pelatihan yang diberikan kepada guru
2. Siswa                                                                  
  • Ketertarika terhadap guru karena dari berbagai aspek seperi, cara mengajar guru atau karakter guru itu sendiri
  • Pembelajaran yang monoton menyebabkan anak kurang tertarik dengan pelajaran
  • Matematika dianggap sulit karena rumus-rumus yang dianggap banyak
  • Siswa belum memahami materi prasyarat, sehingga sulit untuk memahami materi berikutnya
  • Pemahaman buku yang kurang karena materi yang terlalu abstrak
  • Penerapan waktu lima hari kerja membuat siswa kurang konsentrasi
  • Kemampuan siswa yang variatif, yang kurang pintar merasa minder yang disebabkan dari berbagai faktor seperti (orangtua, lingkungan)
  • Fasilitas yang dimiliki siswa kurang sehingga tidak menunjang kegiatan belajar siswa
  • Jadwal belajar khusus MIPA yang sesuai dengan kondisi berpikir siswa
  • Perjuangan yang kurang sehingga menyebabkan rasa malas dan kurang tertarik  karena tidak sesuai dengan cita-cita anak
  • Kecemasan ketika ujian karena kurangnya persiapan atau pemahaman terhadap materi
  • Kondisi tubuh menyebabkan kondisi fisik dan kurangnya konsentrasi siswa dalam  mengikuti pelajaran.
  • Kecanduan game, computer atau internet sehingga pendidikan diabaikan
3. Kepala sekolah
  • Kepala sekolah kurang memonitori kegiatan sekolah disebabkan karena jadwal yang  padat
  • Pengetahuan IT yang kurang
  • Kurangnya pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah
  • Niat menjadi kepala sekolah karena ekonomi dan status sosial, ini hanya berlaku jika dalam perekrutan kepala sekolah tidak menggunakan prosedur yang ada
  • Pengelolaan dana sekolah kurang optimal
  • Manajemen kepemimpinan kurang memadai
  • Sosialisasi atau hubungan dengan guru-guru kurang sehat
4. Dinas pendidikan
  • Evaluasi pelatihan yang diselenggarakan dinas tidak merata
  • Pelatihan kurang efektif baik tempat maupun waktu
  • Kurang monitoring, hanya melaksanakan tugas
  • Pemerataan dana pendidikan
  • Dana pemerintah tidak 100% diterima, daya serap 100% tetapi tidak sesuai dengan alokasinya  
  • Sistem Pelayanan administrasi
5. Orang tua
  • Biaya pendidikan
  • Fasilitas untuk anak kurang memadai
  • Wawasan orang tua yang minim menyebabkan anak kurang mendapat pendidikan melalui orangtua
  • Tuntutan terhadap anak untuk mengikuti apa yang mereka mau
  • Komunkasi yang tidak lancar karena kesibukan orang tua
  • Tidak ada keteladanan yang ditunjukkan pada anak
  • Pola pemilihan sekolah yang tidak tepat menyebabkan anak kurang bersemangat
  • Orang tua kurang peka terhadap kebutuhan siswa
Kemudian beberapa faktor  lagi yang kami bahas dalam diskusi ini terkait pendidikan matematika, yaitu:

6. Lingkungan :
  • Kurangnya sarana dan prasana
  • Suasana akademis yang tidak memungkinkan untuk belajar
  • Suasana hijau yang kurang
7. Matematika
  • Soal yang diberikan tidak sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari
  • Pola pikir bahwa rumus matematika tidak untuk dihafal tapi untuk dipahami
  • Kurangnya pemahaman ilmu dasar matematika
  • Materi yang diberikan tidak sesuai dengan tingkat penalaran siswa
  • Tingkat kesulitan soal
  • Konsep belum diketahui manfaatnya
  • Matematika simbolik
  • Materi padat, menghafal
 

0 komentar:

Posting Komentar