Senin, 28 September 2015

Rangkuman Metode Penelitian 3

Standard
Selasa 22 September 2015, dosen pangampu makul metode penelitian ibu. Dr. Heri Retnowati, M.Pd. memberikan kami tugas mencari 3 permasalahan yang mungkin terjadi didalam dunia pendidikan matematika. 

 Latar Belakang :
Mengembangkan Media Pembelajaran
Kenyataan
Harapan
Pandangan Siswa yang mengatakan bahwa matematika itu Sulit
Siswa menganggap matematika sesuatu yang menyenangkan
Hasil wawancara yang mengatakan bahwa minat siswa terhadap matematika kurang
Minat siswa terhadap matematika tinggi
Pembelajaran terlalu monoton/ membosankan bagi siswa
Pembelajaran yang mengasyikkan bagi siswa
Siswa tidak menyadari pentingnnya matematika dalam kehidupan sehari-hari
Siswa menyadari pentingnnya matematika dalam kehidupan sehari-hari
Solusi :
Mengembangkan model pembelajaran yang bisa menarik minat siswa, membuat mereka antusias untuk belajar

Latar Belakang :
Guru Matematika Idaman
Kenyataan
Harapan
Hasil tes yang menunjukkan prestasi belajar siswa untuk pelajaran matematikadibawah rata-rata
Prestasi belajar siswa tinggi
Guru tidak sabar ketika menjelaskan
Guru sabar ketika menjelaskan materi
Penjelasan guru yang berbelit belit sering membuat siswa bingung
Penjelasan guru simple dan tepat sasaran
Tidak suka guru, siswa tidak menyukai matematika
Siswa menyukai guru dan menyukai matematika
Guru tidak bisa menjawab pertanyaan siswa dengan baik
Guru bisa menjelaskan pertanyaan siswa dengan baik
Solusi :
Pelatihan untuk membentuk karakter guru yang disenangi siswa dan berkompeten.

Latar Belakang
Pemahaman Siswa terhadap Materi Segi Empat
Kenyataan
Harapan
Siswa tidak memahami konsep luas
Siswa memahami konsep Luas
Siswa tidak memahami konsep keliling
Siswa memahami konsep keliling
Siswa sulit membedakan macam-macam bangun segiempat
Siswa bisa membedakan macam-macam bangun segiempat
Siswa cenderung menghafal rumus, sehingga mengalami kesulitan terhadap soal-soal aplikasi / kontekstual
Siswa bisa mememecahkan permasalahan bangun segiempatyang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Solusi :
Mengembangkan model pembelajaran yang menekankan pemahaman siswa terhadap konsep luas dan keliling sehingga siswa dapat memecahkan persoalan segiempat yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

0 komentar:

Posting Komentar