Senin, 19 Oktober 2015

Rangkuman Metode Penelitian 6

Standard


VARIABEL PENELITIAN

Selasa 13 Oktober 2015, dosen pangampu makul metode penelitian ibu. Dr. Heri Retnowati, M.Pd. memberikan kepada kami penjelasan mengenai variabel penelitian.

A. Pengertian

Variabel adalah karakteristik yang memiliki dua atau lebih nilai atau sifat yang berdiri sendiri. Kerlinger (1973) menyebut variabel sebagai konstruk atau sifat (properties) yang di teliti. Jika kita melakukan pengamatan hanya satu karakteristik pada subjek yang di teliti maka karakteristik tersebut bukan variabel, tetapi sesuatu yang konstan.

B. Macam-macam Variabel Penelitian.
Terdapat macam-macam variebel yang digunakan dalam penelitian, diantaranya :

1. Variabel bebas (independent variable)
Variabel bebas disebut juga variabel independent, stimulus, input, prediktor, antecedence. Variabel ini dapat didefinisikan sebagai sejumlah gejala dengan berbagai unsur atau faktor di dalamnya yang adanya menentukan atau mempengaruhi variabel yang lain. Tanpa variabel ini, variabel yang lain tidak akan ada. Dengan kata lain, variabel independen merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat).

2. Variabel terikat (Dependent variable)
Variabel dependen merupakan variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat, karena adanya variabel bebas.Variabel ini disebut juga variabel tergantung, respon atau output. Variabel terikat merupakan gejala dengan berbagai unsur atau faktor di dalamnya yang adanya di tentukan atau dipengaruhi oleh adanya variabel lain. Tanpa adanya variabel lain maka varibel ini tidak akan ada.

3. Variabel Moderator
Istilah variabel moderator menunjukkan tipe khusus dari variabel independent. Variabel moderator didefinisikan sebagai faktor yang terukur, dapat di manipulasi, atau dipilih oleh peneliti untuk menemukan apakah varibel tersebut merubah hubungan antara variabel independet dengan fenomena yang diamati.

4. Variabel kontrol 

Variabel kontrol adalah sejumlah gejala dengan berbagai unsur atau faktor di dalamnya, yang harus dikendalikan agar tidak mempengaruhi atau dapat merubah variabel bebas, yang akan berakibat terjadinya perubahan pada variabel terikat. Variabel ini merupakan kendali seorang peneliti dalam penelitiannya.

5. Variabel antara (intervening) 

Variabel intervening adalah sjumlah gejala dengan berbagai unsur atau faktor yang di dalamnya tidak perlu dikontrol, karena diperhitungkan pengaruhnya pada variabel bebas. Variabel intervening adalah variabel yang secara teoritis yang mempengaruhi hubungan antara variabel tapi bentuk pengaruhnya secara tidak langusung serta tidak dapat diamati atau di ukur.

C. Menentukan Kisi-kisi Instrumen 
Untuk menentukan kisi-kisi instrumennya maka kita harus mencari Indikator-indikator dari variabel-variabel yang telah ditentukan.

Contoh :


Variabel
indikator
Sumber data
Instrumen
HOTS 
      Novelty
      Kontekstual
      Problem solving
     Divergen
      dll
Siswa
Tes uraian


Daftar Pustaka
Wagiran (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
 

1 komentar:

  1. Disebutkan bahwa mengambil pustaka dari Wagiran, dibagian mana anda mengacu tulisan Wagiran?
    Bagaimana cara untuk menurunkan indikator akan sangat baik disampaikan agar pembaca dapat memahami lebih mudah.

    BalasHapus